Kayak Gini?

Ngaji Kanggo Sangu Mati (Mencari Ilmu Sebagai Bekal Untuk Kematian)

Written By Mas Tehamz on Thursday, October 13, 2016 | 3:03:00 PM

Bismillah...

Ngaji (Menuntut Ilmu Agama)


Ngaji Kanggo Sangu Mati (Menuntut Ilmu Sebagai Bekal Untuk Kematian)


eh sek2, ntar lupa belom salam

Assalaamualaikum warohmatullahi wabarakaatuh...

halo gan, lamo tak jumpo sama tulisan2 masteham kangen ya??.... eh iya to?... mbok iya aja... :D ----gak!!... Woh awas ya...


oke terlepas dari kangen sama gak kangen itu hak ente lah haha

hmmm gak panjang sih, disini Masteham cuman mau memberi nasihat untuk diri sendiri dan untuk siapa saja yang mendengar nasehat atau lagi butuh nasehat, karena Islam mengajarkan kita untuk saling menasehati saling memberi wasiat dalam kebenaran dan kesabaran... hayo nasihat ini terdapat dalam surat apa??::

a. Al-Fatihah
b. An-Nas
c. Al-Ashr

yup dalam QS Al-Ashr sudah pada hafal kudune...

"Demi masa. Sesungguhnya semua manusia itu berada dalam kerugian. KECUALI orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, dan mereka saling memberi nasihat kepada kebenaran, dan saling memberi nasehat kepada kesabaran"

Ada kitab bagus gan yang menyinggung QS Al-Ashr ini, judul kitabnya Al-Ushul Ats Tsalatsah (Tiga Landasan Utama)  ditulis oleh Syaikh Muhammad At-Tamimi rahimahullah

diantara nasehat yang beliau kutipkan adalah,

Pertama
bahwasanya kita sebagai seorang muslim wajib mengilmui lan mengkaji 3 perkara penting yang mana nganu gan, nanti ketiganya akan jadi pertanyaan wajib kita di alam kubur, tiga hal tsb adalah 1. Sebagai seorang muslim kita wajib mengenal Allah, 2. kita wajib mengenal Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, 3. kita wajib mengenal agama kita yaitu Islam, gak sekedar kenal tapi mengenal beserta dasar-dasar hukum (dalil) yang ada di dalamnya.

Kedua
kalau kita sudah mengilmuinya alias sudah nglewatin nomor 1, kita wajib mengamalkannya, ya karena nganu gan, yang namanya ilmu itu kelakone kanthi laku alias bisa bermanfaat kalau dibarengi dengan amalan, percuma pinter tapi gak ngamal ya to?, kita pinter teori menendang bola tapi gak dipraktekin ya pada bae boongan..., pinter teori bedah perut pasien tapi gak pernah praktek ya sama aja boong... apalagi ilmu agama hworootoyoh...pinter teori saja tapi gak mengamalkan allias gak praktek itu bahaya... bahaya

Ketiga
Kita sudah mengilmui dan mengamalkan, maka itu belum selesei, karena orang yang tidak merugi seperti dalam Al-Ashr adalah beriman dengan ilmu lalu ia beramal sholeh, yang selanjutnya adalah saling menasehati alias mendakwahkan apa yang sudah kita ilmui, artinya dakwah yang kita lakukan itu dasari dengan ilmu dan kita juga yang pertama mengamalkan apa yang kita dakwahkan, nah ini yang ketiga, mengajarkan ilmu, kalo kita pengen ilmu kita bermanfaat bagi kalangan luas maka kita wajib melakukan yang nomer tiga ini gan, bahkan dalam ilmu dunia juga begitu pula

Keempat
yang namanya dakwah alias mengajak kepada kebaikan itu mesti gak bakal mudah, gak nyari musuh kita sudah bakalan dimusuhi itu pasti gan... maka yang keempat adalah orang yang saling menasehati kepada kesabaran, alias sabar...

kesimpulan
jadi urutannya adalah Ilmu-Amal-Dakwah-Sabar, bahkan rumus ini berlaku dalam ilmu-ilmu dunia gan, gak cuman agama, semua didahului dengan mengkaji permasalahannya, kemudian ada praktek (amalan), setelah itu kita ajarkan ilmu tsb, yang terakhir sabar dalam mengajar... Ilmu/Teori-Amal/Praktek-Dakwah/Diajarkan-Sabar



okelah semoga bermanfaat, sori ya lama gak ngepost, sampe ditunggu-tunggu segala haha, yang jelas ane bukan ustadz jadi janganlah memperustadzkan saya...

mari mengaji menuntut ilmu agama untuk kebutuhan akhirat kita, dan juga tak kalah penting mengamalkan setiap ilmu yang kita dapat kemudian mengajarkannya pada orang lain, daaan sabaaar... be patient halah ora isa basa nggiris wae :D

"ya Allah ya Rabbi kulo nyuwun saget ngaji

raiso ngaji awakmu rugi
rugi ndunyo ora dadi opo
rugi akhirat bakale ciloko"

wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....






ow iya temen ane jualan kaos keren lan islami gan, ini fanspage-nya www.facebook.com/agemanmuslimin
sama yang ini akun fb nya www.facebook.com/muslimin.ageman
kalo minat bisa langsung sms/whatsapp di 085601990683 bbm d33cb5fd

ato kontak ane juga bisa gans di
sms/whatsapp 085729807124 bbm 7def9898

Ditulis Oleh : Mas Tehamz~Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya (HR. Thabrani)

Artikel Ngaji Kanggo Sangu Mati (Mencari Ilmu Sebagai Bekal Untuk Kematian) ini diposting oleh Mas Tehamz pada hari Thursday, October 13, 2016.
Hehehe nama asli saya Ilham Cahyo Kumolo, disini menjabat sebagai admin blog ini, aaah apalagi ya yang perlu ditulis?, oh iya makasih agan-agan semua dah mau mampir, terussss.... aaa nha! jangan lupa kasih komentar yang bermanfaat, oh iya mbok di follow juga blog ini, nanti ane folback deh :D.
Saya juga senang mendesain simple-simple aja.juga seneng melihara ikan-ikan kecil sampai yang besar (walah intine opo Te??), ya intinya silahkan menikmati blog saya yang ada apanya ini hehe Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

komentnya yang nice ya gan? ^_^