Kayak Gini?

Harddisk Lambat Karena Bad Sector (Bad Sector!, Y U So Bad?)

Written By Masteham on Sunday, November 11, 2012 | 1:22:00 AM

Bad Sector!!!, Y U So Bad???

lambaaaaaaaaatttt........ bikin emosi nih komfutret!

astaghfirullah...



assalaamualaikum wr wb

soir gan... openingnya kurang sip dikit, Tehamz mau share aja gan kejadian yang baru aja menimpa PC kesayangan ane beberapa waktu yg lalu...

Complication:
jadi gini gan, PC ane pas mau loading masuk ke sistem itu lamanya minta ampun sampe ciyuz mieayam!, 
ane pake win7, jadi ya pas dihidupin komputernya, cuman sampe loading windows itu gan... lama banget. udah ane restart masih sama, terus ane belajar sabar gan ane tunggu, nggak tau berapa lama tampilannya berubah ke lanjutan jadi warna biru itu... itu juga lama malah lebih lama... akhirnya ane matiin, ane bongkar itu PC. setelah dibuka ya gak tau mau diapain (ceritanya ane ini lulusan SMK jurusan TKJ gan), cuman dicabut terus tancepin lagi kabel power sama data, sekalian mbersihin mobo yang berdebu :D

Setelah semua selesei, ane coba hidupin PC ane, dengan wajah penuh harap semoga bisa normal kembali....tapi ternyata yo sama aja to gan!...wah jan!, setting bios juga sudah ane obrak-abrik berkali-kali karena baterai cmos dah perlu diganti, tapi ane yaqin bukan batre cmos penyebabnya...

~Ane Coba Instal Ulang~
karena gak mau banyak mikir ane putusin untuk instal ulang gan..., ane pinjem DVD win7 punya temen ane, sbnre juga sekalian nanya2 masalah ane ini, tapi belom dapet jawaban yang memuaskan....
oke pas mau ane instal ulang semua normal dari awal mulai boot from CD... berarti ane jamin CD-ROM ane juga normal, nah! pas giliran partisi ini mau detect aja lamanya minta ampun, mau nge-FORMAT-pun! lamanya minta minta! (eh? kyak gitulah maksudnya), DELETE Partition juga lama banget.... ane mulai curiga ama harddisk yg ane pake..., walhasil sampe Copying File dari dvd.. apa yang terjadi gan??

apa yang terjadi?

GAK JALAN!, alias malah kayak ngehang, ane ulangi lagi juga sama!, so berarti ane yakin banget ada masalah same HardDisk ane...


Solution:

akhirnya daripada mikir sendiri malah capek, mending tanya temen yang udah master di bidang IT aja gan..., ane tanya temen2 SMK ane dulu yang pada jago nih kalo masalah komfutret....
lumayan ada sedikit pencerahan gan, kata temen ane kemungkinan HD ane kena ada Bad Sectornya... disaranin di defragment pake CD Hiren..., tapi pas ane tanya gimana caranya dianya gak tau toh gan.. woolha... tapi masuk akal ide defragmentnya.... Ane browsing juga kurang memuaskan soalnya kebanyakan ngasih solusi harddisk harus di format seluruhnya alias semua data bakal hilang, ane kurang setuju kalo gini caranya, soalnya banyak data penting yang ane simpen di HD itu, (lha tadi ente katanya dah format??) yang ane format tuh cuman partisi sistem aja gan, yang lain masih utuh (data D:, E:, F: dlll)....

ane pinjem yang namanya Hiren Boot CD, (yang pengin jadi teknisi komputer musti punya nih)..., karena browsing juga ga nemu yang pas, tanya temen juga dapet jawabannya kurang memuaskan...akhirnya ane coba-coba sendiri fitur-fitur yang ada di CD Hiren tadi...

alhamdulillah nemu di Harddisk Tools~HDD Regenerator, nah disitu ada keterangan intinya untuk recovery bad sector TANPA menghilangkan file-file yang ada di HardDisk...

Nah itu lho gan yang nomer 6!, kalo itu dah dipilih nanti tinggal lanjutin ke HDD Regenerator, tinggal ikutin aja...


ane cuman coba2 gan, ada loadingnya lama banget... tapi 1 persatu mulai nampak ada bad sector yang terdeteksi, kemudian di recovery, tapi cara ini lama banget gan, karena lamanya juga tergantung ama besarnya kapasitas HD. Punya ane 320GB, jadi lama banget... selesei proses itu sekitar 2 hari, jadi komputer ane hidup selama 2 hari gak mati2

ane ulang nih cara yang ane lakuin urutannya...

1. Masukin CD Hiren (Bios dah diset First Boot CD-ROM)
2. Pilih Hiren Boot CD
3. Harddisk Tools
4. HDD Regenerator
5. Kalo Kapasitas HD ente gedhe silahkan tunggu dengan sabar :D

ini contoh screenshotnya, gambar bukan punya ane nih....

ini proses scanning, lamaaa banget kalo mau ampe selesei, bisa di abort dgn Ctrl+Pause Break

ada videonya gan, tapi ini bukan punya ane, ini lebih parah dari tempat ane gan

Parah Tuh Gan!

WALHASIL
alhamdulillah setelah perjalanan waktu dan emosi yang cukup panjang untuk ane jalanin, ane coba instal ulang lagi dan WAMBO!, HardDisk ane normal kembali seperti semula..., ow iya kelupaan ternyata secara fisik HD ane udah kocak gan dalemnya kata temen ane itu tandanya gampang kena Bad Sector, tapi gak tau kok masih bisa juga hehe B-)

CATATAN
ini cuman cara bodo ane aja, mungkin sebenernya ada cara lain yang lebih cepet n lebih baik lagi monggo silahkan di share, soalnya cara ini lama banget kalo kapasitas HD ente ukurannya udah TerraByte

SARAN ANE GAN!
Bad Sector di HardDisk itu bisa muncul karena cara mematikan komputer yang tidak sesuai dengan standard, alias waton/asal Cabut kabel Power.... ini tidak baik untuk kesehatan anda eh maksud ane komputer anda, salah satu dampaknya yaitu pada HardDisk, kalo gara-gara ini HD ente sampe kocak, ati-ati aja gan siap-siap backup data :D

hoke gan, mungkin itu aja yg bisa ane share untuk mengisi kekosongan bulan ini gan, kalo agan memiliki kasus yang sama and mau tanya2 monggo saja gan.... ato mungkin ada Master IT yang kebetulan mampir, and postingan ini perlu diperbaiki, silahak isi di kotak komentar aja gan hehe yang penting ini postingan ada manfaatnya gitu bagi pembaca

wassalaamualaikum wr wb




Ditulis Oleh : Masteham~Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya (HR. Thabrani)

Artikel Harddisk Lambat Karena Bad Sector (Bad Sector!, Y U So Bad?) ini diposting oleh Masteham pada hari Sunday, November 11, 2012.
Hehehe nama asli saya Ilham Cahyo Kumolo, disini menjabat sebagai admin blog ini, aaah apalagi ya yang perlu ditulis?, oh iya makasih agan-agan semua dah mau mampir, terussss.... aaa nha! jangan lupa kasih komentar yang bermanfaat, oh iya mbok di follow juga blog ini, nanti ane folback deh :D.
Saya juga senang mendesain simple-simple aja.juga seneng melihara ikan-ikan kecil sampai yang besar (walah intine opo Te??), ya intinya silahkan menikmati blog saya yang ada apanya ini hehe Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

6 komentar:

  1. huwaaaa.. bad sector itu pasti bikin panas dingin nih badan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo masbro... apalagi kalo punya banyak data penting...

      Delete
  2. T_T panas dingin nih ane,,penyakit kyk gitu tuh HD ane!!,hadehh keringet dingin T_T

    ReplyDelete
  3. makasi gan, infox sangat berguna :)

    ReplyDelete

komentnya yang nice ya gan? ^_^