Kayak Gini?

Memberi Ramuan Pada Kolam (Mencoba Ternak Lele Dengan Kolam Terpal Part 2)

Written By Mas Tehamz on Wednesday, May 16, 2012 | 1:53:00 AM

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
ok sobat semua post ini adalah lanjutan dari Gawe Blumbang beberapa waktu lalu, sebelumnya ane minta maaf kepada yang merasa membaca postingan ini semua karena kalau dibilang untuk update post waktunya terlalu lama :D.

Ok tanpa babibu langsung aja kemarin kan baru sampe pembuatan kolam dan pemasangan terpal, nah menurut info yang ane baca dari internet lele tidak bisa berkembang dengan baik jika langsung di masukkan ke kolam dengan air yang masih baru. Setidaknya sudah air kolam berusia seminggu sehingga warna air berubah menjadi kehijauan pertanda munculnya plankton sebagai pakan alami lele

Gak sampe disitu ternyata air juga perlu diberi ramuan, ane kasih tuh di kolam ukuran 2x3m ketinggian airnya cuman + 15cm 1Kg kotoran kambing (wih?). Yah karena masih awam ane nganggep itu bagus, warna air yang tadinya bening berubah jadi kecoklatan, abis itu tak diemin sampe seminggu sembari ane nyari bibit lele.
Hehe masuk kandang kambing tetangga gan, tapi ya sebelumnya dah minta ijin dulu lah.... inget ya pelajaran hari ini minta ijin kepada orang lain.

Kok bau ya gan :D , kejadian konyol nyebahi yang tak terekam kamera, kaki ane dikencingi sama cempe (anak kambing), kalo nginjek kotoran ya biasa lah gan namanya juga di kandang kok.


setelah berkotor-kotor jangan lupa menjaga kebersihan, ingat kebersihan merupakan sebagian dari iman
 air kolam menjadi berwarna kecoklatan

Alhamdulillah setelah sms sana-sini ternyata temen ane ada yang punya kenalan peternak lele baru juga, akhirnya kita janjian ketemu bareng sekalian nyari bibit, ndilalahnya pas hari H, kenalan temen ane gak bisa dateng, kebetulan juga iku pas pasaran jawanya PON dimana Pasar Godean sedang ramai-ramainya (pasar di tempat ane gan). Karena dah seminggu kondisi air kolam sudah banyak banget jentik nyamuknya, bahkan dah ada yang jadi nyamuk, takutnya kalo ane undur lagi malah membahayakan masyarakat sekitar, walhasil hari itu juga ane langsung beli bibit lele ke pasar, tanpa didampingi yang berpengalaman, cuman berdua sama temen ane. 

Ane beli bibit lele dumbo biasa, murah kok gan bisa ditawar pula, di tempat ane beli itungannya per-ekor dihargai Rp 150,- untuk ukuran 8-9 cm, ane beli yang agak gedean ukuran 9-10 cm per-ekornya dikasih harga Rp 200,-. Ane orangnya banyak nawar gan :D (kalo inget jadi kasihan juga sama penjualnya hihi) beli 200 ekor dikasih harga Rp 175,- dapet bonus lagi 15 ekor, jadi total ada 215 ekor lele mungil menyinyil hehe, pengeluaran ane jadinya Rp 35.000,- untuk pembelian bibit katanya sih ini bibit dari Muntilan.Okelah pertama-tama gak usah takut dulu, intinya berani aja ngambil resiko, wong tak liat ikannya juga pada sehat.

Dari pasar langsung menuju kolam, buset Pasar Godean ramenye puollll kalo Pon-ponan. Mau keluar tempat parkir aja mesti antri (-_-). 
....

Sampai di kolam langsung ane ceburin tuh ikan, berdasarkan dari yang saya baca ikan tidak boleh langsung main diceburin, tetapi plastik juga ikut dicemplungin biar ikan lele keluar sendiri dari wadahnya supaya bisa adaptasi (masuk akal juga sih). Oke setelah itu didiemin dulu. Hmmm jentik-jentik nyamuknya pada dimakan sama lele. Karena jentiknya banyak banget selama sehari pertama lele gak tak kasih makan.

Cemplungke sak plastike dab!

 biarkan ikan keluar dengan sendirinya, gak harus ditungguin kayak gitu!


Human ERROR Oh NOooo... !

Hari berikutnya beli pelet 781-2 ukurannya kecil banget, emang tak sesuaiin sama lele yang masih kecil, and kandungan protein yang tinggi di pelet jenis ini. Tapi mahal gan, gak bisa ditawar pula :mewek, 1 kilo harganya Rp 8.000,-, ane beli 2. Di hari kedua lele di kolam ada 2 ekor yang terapung mati (ane kira itu masih normal gan hehe). Siangnya tak kasih tuh ikannya pake pakan yang baru beli, nah dari sini mulai ada yang aneh gan, seharusnya kalo normalnya pakan setengah genggam yang tak ceburin dengan cepat nya bisa dilahap sama tuh ikan2 lele, tapi ini tidak, pikir ane apa masih pada makan jentik nyamuk, padahal tak lihat dah gak ada 1 ekor pun jentik nyamuk di kolam. Airnya keruh sekali, kecoklat-coklatan tidak seperti pikiran ane, kalo harusnya air berwarna hijau agar sehat untuk ikan di kolam. oke tak tunggu sore hari untuk pemberian pakan kedua.

Sore hari tak kasih pakan lagi, eh WAIT!, ada lagi beberapa ekor lele yang mati, waduh ane  langsung buang tuh gan daripada memperburuk konduisi air, begitu juga dengan pakan yang ane tebar, ikannya gak pada lahap, padahal dulu waktu pertama dicemplungin langsung pada makan jentik nyamuk dengan lahapnya, tapi ini masih tak anggap normal karena mungkin ada beberapa lele yang kurang sehat dari tempat pembelian. Air coba tak tambah gan biar lebih tinggi lagi, karena lagi sering hujan jadi air juga semakin tinggi.

Pagi hari berikutnya masih ada lagi yang mati, hmmm apa yang salah ya...., anehnya waktu itu ane nganggepnya masih normal-normal aja. Sore harinya ada lagi yang mati, waduh sekitar 15 ekor sudah terbuang di hari kedua ini.

Pagi hari berikutnya makin parah aja gan, masih juga udah sekitar 10 ekor mati terapung, kemudian lele lain yang masih hidup kelihatan berdiri di air, ada juga yang kelihatan pencilakan pas tak beri pakan, beberapa lele ada yang kaya menderita ayan, pertanda tidak sehat ini pikir ane waktu itu. Apa karena ngasih pakannya gak pake bismillah ya :D. Siangnya masih ada lagi yang terapung mati sekitar 10 ekor, ane mulai stress nih gan, ane baru sadar kalo ini semua pasti gara-gara kondisi air yang kurang bagus (udah bau bangkai ikan juga gan airnya), akhirnya ane buat keputusan siang itu juga kolam ane kuras. Pas ane masuk ke kolam, ada yang aneh gan, waduh ane nginjek bangkai ikan yang tenggelam, dan TERNYATA yang mati tenggelam jumlahnya LEBIH BANYAK!, wah parah, ane mulai stress gan. so ikan yang masih idup ane tangkep ane masukin ke ember berisi air sumur yang masih bersih. Astaghfirullah... yang masih hidup ternyata tinggal 100-an ekor gan, yo alhamdulillah ding masih ada yang hidup, lainnya pada mati (Mengheningkan Cipta MULAI!, haiah bisa-bisane lho!). Ane kuras kolam sampe bersih, tak keluarin semua airnya, buset emang airnya dah bau bangke ikan gan parah lah. ane copot sekalian terpalnya, tak bersihin dari lumpur dan kotoran yang ada. So sementara ikan tak kasih ke bak mandi punya simbah yang dah lama gak dipake, alhamdulillah masih ada tempat. Capek je gan habis nguras sekarang ngisi bak mandi lawas yang harus dibersihin dulu (Hwaduuuh, es teh es teh....).
....
Dah bersih langsung diisi air (keran rumah ane mati, jadi ngisinya manual gan :cpd). Ane liat ikan di ember masih ada beberapa yang gak sehat gan, firasat ane masih ada lagi yang bakalan mati, tapi ane positif thinking aja lah gan, ane masukin tuh lele ke bak mandi. ane kasih pakan gak pada mau gan, ya maklum lah baru pindahan ikannya masih stress. di hari ini telah diketahui bahwa ternyata 50% ikan sudah mati. Karena tempat baknya ada di dalem ruangan jadinya agak gelap, so biar agak terang seng yang jadi atap ane geser sedikit biar sinar mentari bisa masuk, tapi kalau hujan turun langsung ke baknya.

Hari berikutnya ane jenguk, yah ternyata benar masih ada aja yang mati, wasduh! piye iki???. Ane coba kasih jamu juga lho itu gan, dan saran-saran yang dikasih tetangga ane pake, tapi tetep aja ikan yang mati masih berlanjut sampai hari berikutnya. Masih ada juga ikan yang ayan, tidak sedikit yang berdiri melayang di air. 50% ikan yang tersisa mati, jadi yang tersisa tinggal 50 ekor, ya udahlah ane pasrah aja sama Allah.

Hari ketiga ikan di bak mandi mulai menunjukkan peningkatan kesehatan, yang mati semakin sedikit (ya emang karena jumlahnya juga tinggal dikit hehe), tapi bener gan alhamdulillah masih bisa ada yang hidup. Pemberian jamu masih ane lakuin, oiya ane juga gak tau itu jamu apa, punya ibu ane katanya jamu alami dari 30 macem dedaunan, ane jg gak tau itu daun apa aja, yang jelas kualitas air mulai ane jaga, jamu ane masukkan ke botol semprot, dan tak semprotin ke pakan sebelum diberikan ke ikan, terus saran temen ane suruh kasih juga daun pepaya bisa buat jamu juga katanya.

Alhamdulillah seminggu ikan di bak mandi sudah mulai terlihat sehat, o iya update jumlah ikan tinggal 30 ekor gan (gapapa lah, tapi ane dapet ilmu penting dari kegagalan ini). Dan uniknya 30 ekor ini bisa menghabiskan pakan setengah genggam, yang dulu dimakan samas 200 ikan aja gak habis :D. dan emang alhamdulillah meski tinggal segini, ane seneng bisa ngeliat ikannya pada sehat semua. Sampai suatu hari datang kejadian hujan lebat (aku kebetulan lagi masuk kerja), bak mandi meluap, dan sepertinya beberapa ikan ane lepas gan, (ya Allah, cobaan apalagi ini....). Tapi yo alhamdulillah kalo sekitar 20-an ekor ikannya masih ada kok dan ane prediksi bisa bertahan.

Yah kayak gitu gan, ternyata ikan lele tetap gak bisa hidup di sembarang air. Kualitas air terlalu buruk kaya awal-awal ane mulai bisa menyebabkan lele kejang-kejang/ayan dan akhirnya mati. Oh iya update tgl 15 Mei 2012 (yah sekitar 1 bulan ikan di tempat ane), sekarang ukurannya sudah lebih gedhe daripada jempol kaki orang dewasa. Ternyata pertumbuhan lele dumbo lumayan cepet gan, pakan masih menggunakan pelet yang kemarin, sekarang sudah bisa makan nasi juga lelenya haha. Insya Allah tgl 20 ane mau mulai nyoba lagi beli bibit lele, dan ane besarin di kolam terpal. lele di bak mandi ini rencana mau ane jadikan indukan nantinya.

Ane juga masih belajar dan mencoba berbagi pengalaman, mohon masukan juga bagi juragan-juragan lele yang kebetulan mampir di blog saya dan baca artikel ini ato rekan-rekan yang punya hobi, melihara lele dan pengin mengembangkannya jadi sebuah usaha. Silahkan di comment ya gan, oh iya sekali lagi ane minta maaf kalo update terlalu lama hehe....

baca lanjutan kisah ane dan lele di artikel yang mari gans Panen Lele

wassalaamualaikum wr wb...


 OH IYA GAN, TERNYATA KOTORAN KAMBING.....














RASANYA.....

......










Ditulis Oleh : Mas Tehamz~Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya (HR. Thabrani)

Artikel Memberi Ramuan Pada Kolam (Mencoba Ternak Lele Dengan Kolam Terpal Part 2) ini diposting oleh Mas Tehamz pada hari Wednesday, May 16, 2012.
Hehehe nama asli saya Ilham Cahyo Kumolo, disini menjabat sebagai admin blog ini, aaah apalagi ya yang perlu ditulis?, oh iya makasih agan-agan semua dah mau mampir, terussss.... aaa nha! jangan lupa kasih komentar yang bermanfaat, oh iya mbok di follow juga blog ini, nanti ane folback deh :D.
Saya juga senang mendesain simple-simple aja.juga seneng melihara ikan-ikan kecil sampai yang besar (walah intine opo Te??), ya intinya silahkan menikmati blog saya yang ada apanya ini hehe Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

54 komentar:

  1. thx share pengalamannya gan...

    ReplyDelete
  2. kuasai dulu ilmunya pasti tingkat kematian ikannya berkurang, saya juga awal tebar 650 ekor dan setelah 1 bulan cuma mati 50 ekor diawal mesuk kekolam, sekarang ikannya pada sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi masbro!, ternyata emang kudu ada ilmunya, sekarang saya mulai lagi, jumlah masih masukin 200 ekor, baru berjalan sekitar seminggu lebih, alhamdulillah yang mati baru beberapa hehe :D

      Delete
    2. setuju, saya juga pemula 2 bulan yg lalu tebar benih 3000 ekor ukuran 4-5 kematian mendekati 500 ekor hehe.., sebulan kemudian nekat tebar 3000 ekor lagi ukuran 3cm alhamdulillah kematian sampai saat ini cuma 1 ekor

      Delete
  3. wkwkw.....
    SEMANGAND MAS BRO....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha oke gan! makasih dah mau mampirt B-)

      Delete
  4. wah bagi2 ilmunya dong,saya baru ini pertama kali ternak ikan,yah cm modal nekad sm modal baca2 tentang cara2 ternaknya akhirnya saya langsung buat kolam terpal,katanya harus di pupuk,kalo air udah hijau artinya benih siap di tebar,tp berhubung musim hujan,airnya ga banyak saya isi cm setinggi 20 cm,sisanya air hujan sampe ketinggian 40 cm dr dasar sampe permukaan,setelah kurang lebih 3 hari saya beli benih,dan saya tidak beruntung,saya pulangnya kemaleman,jd saya terpaksa menginap dan untung saja benih yang mati cuma 6 ekor selama saya menginap,itu jg cm yang paling kecil2. Esok harinya baru saya pulang dan langsung saya masukin kolam pelan2 sampe keluar sendiri,ikan saya stres karena selama saya menginap sdh 2 x ganti air dalam kantong plastik benih,tanpa adaptasi karena bukan di kolam,jd totalnya 3 x ganti air yaitu yg terakhir air yang di kolam,sorenya hujan,untung saja ikan sudah saya beri garam di kolam jd ikan ga begitu stres lg oleh hujan,dan esok pagi saya lihat sepertinya ikan sdh sehat semua,makan pun bernafsu sekali.
    Tp kenapa setelah saya beri makan kembali ada ikan yang mengambang di atas ,tidak mati,saya kira ini kena parasit WS,udah saya panaskan suhu air dengan sinar matahari tp masir ada yang mengambang saya bingung harus bagaimana lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm saran saya coba agan cari kenalan pemelihara bibit disekitar agan (yang keadaan lingkungannya juga kurang lebih sama), coba sebisa mungkin mencuri ilmu darinya, itung-itung sekalian cari kenalan :D, semoga sukses gan!

      Delete
  5. gan coba kotoran kambingnya di isi dikarung trus masukan dalam kolam,dibiarin semingu,pasti airnya berubah.diangkat karugnya,ikannya siap deh di lepas.di jamin ikannya pasti nyaman dan tdk akan mati" lgi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah gan... makasih banyak tipsnya hohoho

      Delete
  6. pas ane krja dipabrik pakan ikan, kn dsna jg budidaya lele tuh, stlah tak tanyakn kl lele mengambang berdiri itu katanya airnya minta d ganti dg yg baru gan. oh iya ane mau tnya, tiap kali agan mau masukin benih lagi itu airnya pasti d kasi pupuk kandang ya?? thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga gan, coba baca di artikel lele saya yang part.3 kayaknya ada hehe, akhirnya gak dikasi apa2, cuman air aja ditunggu sampai agak kehijauan dikit, nah itu langsung dimasukin lelenya nanti airnya jadi hijau sendiri, hijau banget :D

      Delete
  7. Prili, sby
    wah blog yg keren gan :D inspiratif dan lucu hehee
    gan ane pemula banget & suka sm ikan, mnta saran gan, pengalaman pertama pelihara lele di tong biru pake air biasa 4 hari dg sukses mati semua 50 ekor -.-" nih lg bkin kolam terpal, ane mau tanya pengganti pupuk kotoran hewan apa? Dsni gak nemu gan lagian juga ga kuat baunya hehee trus lele ane sakit bintik putih bahkan kulitnya terkelupas jadi albino serem, knapa ya?? Tanda lele berdiri" gak jlas itu harus diapain gan?? Thanks banget kl dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, sebernya saya juga pemula lhoh B-)

      ane pertama kali nyoba meliara pake kotoran hewan malah mati semua gan lelenya,

      abis itu yang kedua cuman air aja... ya cuman air sumur aja ga dikasi apa2, tak tunggu aja air itu di kolam terpal sampai warna mulai kehijauan, nah abis itu masukin lelenya... nanti gak lama airnya dah jadi hijau banget, nah kata para master air ijo inilah yang disenengin ama lele...

      masalah2 yang ente sebutin itu juga ane alamin pas pake kotoran hewan, tapi di cara yang kedua alhamdulillah normal2 aja gan... iya ada sih beberapa mati tapi cuman dikit... dan walhasil 3 bulan kemudian bisa dipanen, alhamdulillah.... B-)

      Delete
    2. Gan mau tanya, dari masukin air sumur ke kolam terpal sampai hari memasukkan bibit berapa lama ya? Punyaku airnya berwarna coklat, tapi ikannya sehat-sehat. Sekarang lagi coba membuat air berwarna hijau. Ini sudah 10 hari, sekilas airnya terlihat hijau, dasar kolam terlihat agak samar. Temen-temen sejawat nyuruh masukkin bibit, tapi ane ragu, korespondennya mbah Google bilang kalau airnya belum hijau benar maka jangan dulu dimasukkin bibit. Ada masukkan Gan? Ane berharap jika nanti udah dimasukkan lele, airnya bisa tetap hijau sampai panen.

      Delete
  8. Prili -aku cewe gan- :D tak apa lah

    nunggunya brp hari gan? Lama ya? Air sumur jernih sampe kehijauan paling tdk 1/2 minggu?
    Makanannya pk jenis apa gan? Mulutnya kecil aku salah bli makan -.-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh cewek to, ehm...

      iya sekitar 1-2 minggu, itu nanti belom hijau banget tapi banyak uget2/jentik nyamuk,
      jadi ijonya itu pas lele udah dicemplungin selang beberapa hari...
      (sori gak ada gambar waktu air ijo, men wagu sithik)

      yang bagus ditempat ane pake pelet jenis 781, kalo masih kecil lelenya kasi aja yang ukuran 781-2, tapi mahallll hikz...

      Delete
  9. Gan tanya lagi (maaf ya) tuh ikannya gosok"in badan ke dinding kenapa? Muter" kadang molak-malik badan :( jadi ikut molak-malik kepalaku hehe dikasih apa ya?? Dia kurus dibanding yg lain
    kalo boleh ane tanya" lagi ntar kl ada apa" ya? :D hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya itu gan, kaya gatelen itu kan? ^^, aku jg sempet gitu pas yg make kotoran, tp yang kedua cuman beberapa aja, kalo tempatku biasanya mati soalnya yg ky gitu hehe, coba diambil dulu terus pindah ke air bersih, coba aja

      Delete
  10. Hehe....pengalamannya dasyat gan,ane jg lg mulai pelihara lele dumbo tpi untuk permulaan pake lele yg agak gede 1000 per ekor beli 30 ekor, kebetulan mau beli yg kecil stoknya dah habis.alhamdulilah sampai hari ketiga lom ada yg tewas...horeeee plok..plok

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah selamat gan, pertanda baik itu kalo 3 hari masi pada sehat lanjuut...

      Delete
  11. baru mau ternak lele nih gan... berarti mending airnya yg gk pake pupuk kandang ya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara pengalaman ane iya gan, tapi itu karena ane emang gak tau aja
      coba tanya2 ke orang yang pernah nerapin n berhasil, mungkin ada langkah2 tersendiri, wallahu a'lam gan :D

      Delete
  12. Numpang share gan.. Ane juga lg nyoba ternak lele.. Kolamx ukuran 2x1 meter (bekas kolam ikan hias dihalaman rumah). Setelah masukin air sumur, langsung masukin bibit lele (saya coba 200 ekor) sampai 1 minggu ini belum ada yang mati. Dari hari pertama saya langsung kasih pakan untuk bibit. Cuma, air kolamx cebat keruh dan bau. Ngasih pakanx lebih baik malam hari karena lele termasuk ikan yg lebih agresif pada malam hari. Saya sdh buktikan klw malam hari makanx lahap banget. Klw siang banyak pakan tersisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woke gans, thanks buat share pengalamannya hehe

      Delete
  13. pengalaman yang penuh cobaan yah tapi seru juga lokh hahah tapi bantuin saya juga donk saya berniat mau ternak ikan lele dumbo tapi masih belum mulai2 juga nie soalnya air kolam nya berwarna hitam terus mana aga sedikit bau lagi.... harus gmna yah jadi ragu2....bantu yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dlu aja gan, beli beberapa ekor ikan, buat uji coba aja, jangan lupa baca bismillah ^^, semoga lancars

      Delete
  14. Tetap semangat mas bro.... Saya nebar 1000 ekor jadinya cuma 300 T__T kolam sy kemasukan air deterjen tetangga.....

    ReplyDelete
  15. ahihihi deterjen sampe masuak, owh itu gak di terpal kali ya gan, hmmm gapapa gan buat pengalamans

    ReplyDelete
  16. Luar biasa Gan! Pengalaman pertamanya seruuuu!! Ane ma bini baca artikelnya jadi ngekek.. Pokonya maju terus pantang mundur Gan!

    ReplyDelete
  17. bisa minta no hpnya ga mas marsogot...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jualan genteng juga lho gans hehe

      whatsapp 085729807124

      Delete
  18. ane tebar 3000 lembar lele.. eh ekor, 3 hari yang lalu.. hari pertama sekitar 50 ekor koit..ane pikir wajar... hari kedua sekitar 30 ekor, mulai curiga.. .. nah malem hari yg ketiga ane longok tuh kolam ikan pada beridiri semua..terus banyak yang wasalam... ane panik guys... ane belain jam satu malem cari bonggol pisang ane ceburin.. sekalian ane alirin air sumur.. biar ada sirkulasi air.. ane uji coba sekitar 50 ekor yang lagi hormat ane pisah di ember pake air jernih.. nah ane gax tau harus gimana lagi besok kalaw masih banyak yg mati guys.. mohon ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahai eko ternak lele guduh sabar dan ikhlas itu yg utama selanjutnya yg kedua air sebelum disebar benih hari pertama air kolam disiram air garam hari kedua disirami Probiotik kalau bisa pakai master fish produk booster hari keempat silahkan anda sebar benih Insya Allah ikan akan sehat wal 'afiat. Dan satulagi yg perlu diperhatikan jangan memberikan pakan terlalu berlebihan kira2 ikan sdh dpt makan semuanya hentikan meberikan makannya tunggu sampai air hijau selanjutnya berikan pakan sesuai dengan takarannya. Okai

      Delete
    2. ho'o gans!!, kesabaran dalam segala hal

      Delete
  19. Agan2 pemula yg guess hormati. Budidaya lele memang susah-susah gampang. Susahnya cuman tiap hari mengenang Dan berduka atas lele yg saudara peliharapelihara yg KOIT. Untuk ITU ane punya saran untuk antum semua. PH 6-9 suhu 25-32° C kadar O2 4-6 ppm. Cuman ITU aja Gan, yg panting pertahankan kondisi airnya doang. Ane punya kolam cuman 2 m kubik,ane isi 4000 ekor, innalillahi yg mati gak sampe 20, itupun ane langsung masak, cincang, Dan lempar lagi ke kolam biar didoakan temen lelenya kemudian langsung mereka makan. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gans, gampang-susah-gampang ato susah-gampang-susah

      Delete
  20. aku lebih sadis lagi gan. kolam ukuran 2,5 x 4 m.saking senengnya mau melihara ikan lele. setelah persiapan kolam sekitar 1 minggu, langsung tak beliin lele ukuran 3 cm 5000 ekor. sore sekitar jam 5 sore aku tebar nih seperti cara di internet, plastik di rendam terus ikanya keluar sendiri. alhasil besuk pagi lele tinggal 50 ekor. hari itu sangatlah berduka. kemudian aku ambil semua lele yang mati dan tinggal sisanya. kemudian besuknya aq datangi kolam itu dan alhasil gan menakjubkan. semua lelenya wasalam.itulah cerita dukanya mmelihara lele bagi pemula. akhirnya sekarang mulai lagi buat kolam baru ukuran 2x3 tak isi 1000 ekor ukuran 5-6cm, tapi masih belum juga berhasil setiap hari minimal 5 ekor mati. mohon solusi para master. saya udah hampir menyerah. padahal semua saran dari temen dan google udah terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh-waduh senasib yo yu.... ckckck turut berduka cita...

      Delete
  21. Coba sebelum benih lele d'tebar, agan taburin garam dapur ma daun pepaya ke kolam gan, trus diem'n seminggu, baru tebar benih lele'a.... Klo tebar pagi sore baru kasih pakan.... Salam budidaya gan...

    ReplyDelete
  22. Coba sebelum benih lele d'tebar, agan taburin garam dapur ma daun pepaya ke kolam gan, trus diem'n seminggu, baru tebar benih lele'a.... Klo tebar pagi sore baru kasih pakan.... Salam budidaya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kalo dari pengalaman diatas, ane mending gak usah dikasi apa-apa airnya, diemin aja selama seminggu, nanti kalo lele dah masuk ijonya langsung banter tuh air... IMHO aja, maklum ane masi kurang pengalaman soalnya

      Delete
  23. Berbagi pengalaman ya prend, kmaren skitar sebulan yg lalu ane nawaitu niat insun untuk coba ternak lele. Berdasar tekad n belajar dr temanku, aku buat dl kolam terpal uk 2,5 x 4,5 meter. Jadi gn teman2 ya, setelah beli tuh terpal jgn lngsung di pasang dl. Cuci dl tuh terpal sampai gk lg bau plastik. Setelah itu di jemur di panas matahari selama sehari, naaahhhhh baru pasang tuh terpal. Hbs itu ku isi dg air sumur sampai setinggi 40cm dan kutambahkan beberapa lembar daun pepaya agar airnya nnt bs trbentuk warna hijau alami dan jg bs menghasilkn nutrisi alami yg baik untuk si lele. Diamkn air yg ditmbhkn daun pepaya itu selama seminggu. Hbs itu baru deh kutebar benih lele sebanyak 2500 ekor. Alhamdulillah sampai saat ini cm mati gk sampai 70 ekor. Ingin lbh jelas kelanjutan n tips lainnya bs hub WA 083853151274

    ReplyDelete
  24. Mo tanya gan,aku piara lele 3000 ekor setelah 1 Minggu air kolamku menjadi hitam,tpi ikannya gx ada yg mati tpi mengapung semua,gmna solusinya gan,dan kenapa air kolam bisa hitam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk seperti ini, baiknya tanyakan langsung saja sm yang ahli gan, kalo ane kan juga masih orang coba2, tuh buktinya pada mati lelenya hahaha...,

      air kolam hitam?, dikasi ramuan ky punya saya juga?, mending ga usah, yang kedua ane mah ga usah dikasi apa-apa itu air, diemin selama 2 pekan, lagsung dimasukkn lele, nanti langsung 2-3 hari air jadi ijo...

      Delete
  25. Bikin group WA dong oms buat bagi2 ilmunya, salam kenal. Acil dri depok WA 085780107474

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nganu e... gimana ya?, hahaha, kesoksibukan saya yang buat gak bisa, maaf mungkin lebih banyak master yang lebih ahli sudah membuat grup wa... saya kan masih belajar aja hoho

      makasih gan nasar sdh mampiars...

      Delete
  26. Bikin group WA dong oms buat bagi2 ilmunya, salam kenal. Acil dri depok WA 085780107474

    ReplyDelete

komentnya yang nice ya gan? ^_^